Sabtu, 10 Maret 2012

pengaruh Teknologi dalam kultur / kehidupan kita

    Saat ini dunia teknologi sangat berkembang dan sudah menjamur di masyarakat luas. Seperti adanya handphone, setrika listrik, pintu otomatis, dll. Tetapi dalam kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang pengaruh teknologi dalam kultur kita. Seperti sudah masuknya unsure-unsur teknologi dalam dunia perfilman, buku cerita maupun lirik lagu. Untuk keterangan lebih lanjut, mari kita urai satu-persatu.

A.    Teknologi dalam dunia perfilman
1. NCIS
Film ini bercerita tentang teka-teki pembunuhan yang harus dipecahkan
tim NCIS yang beranggotakan 8 orang. Letak teknologi dalam film ini terletak pada proses barang-barang bukti yang ditinggalkan oleh pelaku atau korban mulai dari pelacakan dana yang dikeluarkan sampai buti ontentik darah ataupun jejak sang pelaku dengan alat-alat canggih sampai akhirnya ditemukan alas an sang pelaku melakukan pembunuhan.

2. Bloddy Monday
        Film ini beceritakan tentang petualangan seorang anak muda yang berasal
        Dari jepang. Dia adalah seorang master hacker termuda. Dia berhasil
Membobol kata sandi-kata sandi bank di dunia ini. Tetapi suatu saat dai secara tidak sengaja dia melihat file-file mafia yang berisi data-data mereka untuk menguasai dunia dengan cara menebar gas beracun di segala penjuru dunia. Nah, di sinilah di berjuang untuk memberitahu masyarakat dengan cara memanfaatkan teknologi.

    B. Teknologi dalam lirik lagu
    1. SMS
Lagu ini menceritakan salah satu teknologi yang disalahgunakan oleh orang sehingga orang yang mengerti teknologi akan mengetahui salah satu penyimpangan orang tersebut. Salah satu lirik yang menggambarkan pmanfaatan teknologi dalam penyimpangan adalah, “Bang, sms siapa ini bang? Kok pesannya pake sayang sayang…”

2. Radio
Lagu yang dipopulrkan oleh Sheila on 7 ini ternyata menyimpan makna dalam pada teknologi. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang ingin menyampaikan kerinduannya pada seseorang lewat radio. Walaupun ia tidak tahu dimana orang ersebut, tetapi ia dapat menyampaikan pesannya lewat radio. Sekarang ini pun kirim kirim salam di radio sudah menjadi hal yang biasa. Salah satu liriknya adalah, “lewat radio, aku sampaikan, kerinduan yang lama terpendam..”

3. Mirc
Lagu ini termasuk lagu yang udah lama banget. Lagu ini menceritakan tentang orang yang memanfaatkan Teknologi Internet untuk chatting. melalui chatting, ramli mendapatkan seorang gebetan baru bernama Putri. Sebenarnya mencari jodoh lewat chatting itu kurang bagus karena orang itu belum kita kenal apakah orang baik-baik atau tidak. oh iya, salah satu lirik lagunya itu adalah, “si Ramli raja chatting, punya gebetan namanya Putri…”

C. Teknologi dalam buku cerita


a. Full Metal Alchemist

Walaupun cerita ini lebih banyak menggambarkan tentang alkimia, tetapi terdapat unsure teknologi juga. Salah satunya adalah pemeran utama tokoh ini, Edward elric. Ia seorang alkemis jenius tetapi tangan kanan dan kaki kirinya telah lenyap karena suatu peristiwa sehingga diganti dengan tangan dan kaki robot. Teknologi semacam itu mungkin saja dibuat untuk digunakan oleh orang yang cacat anggota tubuh sehingga orang tersebut masih dapat beraktivitas.

b. Yu Gi Oh

Ini adalah salah satu certa yang paling saya suka. Ceritanya tentang seorang tokoh bernama yugi yang memiliki 2 kepribadian sehingga semua orang yang suka mengganggunya akan dilenyapkan melalui game kegelapan. Selain game kegelapan, yugi juga sangat ahli dalam game lain. Game yang ditekankan dalam cerita ini adalah game kartu M&W. salah seorang rival yugi, bernama kaiba. Ia memiliki kaiba corporation dimana perusaahan ini bergerak maju dalam bidang game M&W. melalui duel disk dan duel ring, maka pemain dapat melihat visualisasi kartu seperti pada aslinya. Suatu saat nanti, mungkin para gamer sejati mulai dapat menikmati visualisasi hologram dari kartu sehingga permainan game kartu menjadi lebih menegangkan.

c. Let’s and Go

Film yang bercerita tentang game tamiya ini benar benar memberikan banyak pengetahuan kepada anak anak. Bagaimana tidak, film ini mengajarkan anak untuk dapat berpikir teknis agar mobil miliknya dapat melaju lebih cepat. Apakah itu melalui penggantian roda, body mobil yang aerodinamis mupun perbandingan gear pada dynamo. Melalui film ini diharapkan agar anak anak termotivasi untuk menciptakan mobil yang efisien dan tidak boros energy.

1 komentar:

  1. cukup menambah pengetahuan, terutama terkait buku Yu Gi Oh yang membuat saya penasaran untuk membacanya. Adi

    BalasHapus